Wednesday, September 24, 2008

Tempointeraktif September 2008

Menteri Pendidikan Tak Percaya Pengaduan Guru Kontrak di Sabah

Jum'at, 05 September 2008 | 21:34 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo menyatakan dirinya tidak mempercayai pengaduan Forum Guru Tidak Tetap untuk Pendidikan Anak Tenaga Kerja Indonesia di Sabah (FGTTS). Pasalnya, kata dia, hingga hari ini forum guru tersebut tidak pernah datang mengadu ke Departemen Pendidikan Nasional terkait ketidaknyamanan yang dialami.

Perwakilan Forum Guru, kata Bambang, memang pernah mendatangi Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, namun bukan untuk mengadu tetapi meminta pemerintah mengangkat mereka menjadi pegawai negeri sipil. "Mereka kesal karena permintaannya ditolak, padahal dalam perjanjian sudah jelas posisi mereka hanya kontrak" kata Bambang menjawab Tempo usai Rapat Koordinasi Finalisasi Anggaran pendidikan 2009 di Kantor Menkokesra Jakarta, Jumat (5/9).

Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Baedhowi menyatakan akan menimbang-nimbang untuk mengirim lagi guru ke Sabah jika masih ada tuntutan seperti gaji yang tak sesuai SK, hunian yang tak layak dan jaminan kesehatan yang tak jelas. Kloter pertama sejumlah 51 guru dari 109 guru yang dikirim ke Sabah Malaysia telah kembali Agustus lalu. Kelompok guru tidak tetap tersebut memprotes beberapa kebijakan pemerintah seperti gaji yang tak sesuai SK, hunian yang tak layak dan lainnya.

Reh Atemalem Susanti
TOPIK

* tuntutan guru
* Departemen Pendidikan Nasional

No comments: